Jadikan Ginjalnya Tetap Sehat Selama Bertahun-Tahun

Bagaimana mencegah masalah ginjal Untuk organ ini, Dr. Kirsten Menke menginspirasi. “Anda harus membayangkan itu,” kata apoteker dari Dreieich di Hesse, “180 liter sehari menekan ginjal kita keluar dari darah dan dari mereka, mereka membentuk konsentrat satu hingga dua liter urin.” Sebuah jaringan yang cerdas dari jutaan kapal kecil dan canaliculi menyaring racun dan menjaga keseimbangan air. “Fenomenal”, kata apoteker.

Topik ginjal menemukan Menke sebagai ahli obat yang sangat menarik. Selain hati, ginjal adalah tempat paling penting bagi tubuh untuk membuang obat . Fungsi dari dua organ penyaring berbentuk kacang tergantung pada seberapa baik agen atau produk degradasinya dihilangkan. “Di sisi lain, ada banyak solusi yang membahayakan ginjal itu sendiri,” catat Kirsten Menke.

Kinerja ginjal menurun setiap tahun dalam kehidupan

Terutama dengan pelanggan yang lebih tua, apoteker memiliki aspek-aspek tersebut dalam pikiran. Seiring waktu, ginjal melemah. Sekitar usia 30, kinerja mereka turun sekitar satu poin persentase setiap tahun. Ini biasanya menyebabkan beberapa masalah, karena kapasitas organ diukur dengan murah hati oleh alam: Bagaimanapun, manusia dapat hidup dengan baik bahkan hanya dengan satu ginjal yang sehat. “Namun, mungkin perlu menyesuaikan dosis obat untuk menghilangkan fungsi ginjal,” jelas Menke.

Ini menjadi lebih berbahaya jika kehidupan bagian dalam filter rusak dan, misalnya, zat-zat yang tidak ada di sana, seperti protein, masuk ke urin. “Jika proses penghancuran terus berlanjut, ada ginjal yang menyusut pada akhirnya, yang tidak dapat lagi memenuhi tugas detoksifikasi,” jelas ahli nefrologi L├╝denscheid Profesor Jan Galle. Pasien harus cuci darah. Pada usia tua, risiko meningkat dengan cepat: sejauh ini mayoritas dari sekitar 71.000 pasien dialisis di Jerman berusia lebih dari 65 tahun. Penyebab paling umum termasuk penyakit umum seperti diabetes dan hipertensi, yang biasanya menjadi nyata pada paruh kedua kehidupan.

Diabetes merusak ginjal

Keduanya menyerang titik lemah ginjal: dinding pembuluh tipis wafer tempat darah dibersihkan. Diabetes dan tekanan darah tinggi – sering bersamaan – menghancurkan pembuluh darah halus. Demikian pula, merokok dapat merusak ginjal. Ini sering terjadi secara rahasia selama bertahun-tahun. “Penyakit ginjal biasanya dimulai secara diam-diam,” kata Jan Galle. “Pasien tidak memperhatikannya sejak awal.” Jika gejala kelemahan ginjal kronis muncul, gatal atau sering muntah, misalnya, “anak sudah jatuh jauh ke dalam sumur”. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa fungsi organ filter yang buruk juga meningkatkan risiko serangan jantung.

Kelemahan ginjal: deteksi dini dengan cangkir urin

Menurut spesialis, fakta bahwa jumlah pasien dialisis telah meningkat sekitar 50 persen sejak tahun 1990-an disebabkan karena tidak sedikit pada topik: “Sayangnya, banyak ginjal lebih peduli dengan batu ginjal ketika datang ke ginjal. ” Sebagian besar dari mereka yang terkena bisa terhindar dari dialisis, kata Galle yakin.

Terutama karena deteksi dini gagal ginjal baru jadi cukup sederhana. Setahun sekali, dokter dari Kassel menyarankan Dr. Uwe Popert Risiko pasien, seperti hipertensi, untuk kontrol laboratorium. Tes urin untuk melacak darah dan protein dengan cepat memberikan informasi tentang kerusakan organ. “Kami biasanya melakukan itu sebagai bagian dari pemeriksaan rutin,” jelas Popert. Jika perlu, dokter juga dapat mengukur pembersihan ginjal dalam kombinasi dengan sampel darah.

“Penyesuaian tekanan darah yang masuk akal dan pengobatan diabetes yang baik adalah perlindungan ginjal terbaik,” adalah rekomendasi dari dokter umum. Untuk pasien yang ginjalnya sudah terkena, ini semua lebih benar: Menurut sebuah penelitian di Denmark, misalnya, terapi diabetes dan tekanan darah yang konsisten, perkembangan penyakit terasa lambat. Pola makan itu tampaknya juga berdampak: makanan sehat dengan banyak buah dan sayuran serta minyak sayur dari zaitun atau perkosaan biji minyak mengurangi risiko ginjal, para ilmuwan Austria melaporkan musim gugur yang lalu.

Ginjal: obat penghilang rasa sakit yang berisiko

Agar lebih baik untuk ginjal, itu artinya bagi apoteker Kirsten Menke juga untuk melihat secara kritis obat-obatan pelanggan mereka. “Banyak obat sampai ke ginjal, terutama tablet untuk rasa sakit dan peradangan dengan bahan aktif seperti diklofenak atau ibuprofen dan persiapan dengan ASA.” Beberapa obat ini tersedia di apotek bahkan tanpa resep dokter. “Kita diharuskan memberi nasihat,” kata apoteker itu. “Kami harus mengajukan banyak pertanyaan sebelum kami dapat menyerahkan obatnya – bahkan jika beberapa pelanggan merasa jengkel.”

Dalam beberapa kasus, Menke menyarankan, pertama-tama untuk menghindari persiapan dengan parasetamol – mengetahui bahwa ini tidak selalu cukup. “Tetapi sebelum menggunakan obat penghilang rasa sakit jangka panjang, pasien harus berkonsultasi dengan dokternya.” Seringkali itu masalah durasi dan dosis.

Minum air putih untuk ginjal?

Faktanya adalah:  yang terus-menerus mengonsumsi terlalu sedikit cairan berisiko mengalami gagal ginjal akut. “Sebaliknya, itu tidak membuktikan bahwa banyak minum melindungi ginjal,” kata nephrolog Jan Galle. Jika dokter telah menemukan kelemahan ginjal, terlalu banyak cairan bahkan bisa berbahaya. Bile menyarankan lansia sehat, yang aktif secara fisik, satu setengah hingga dua liter per hari – seperti air atau teh herbal, tetapi juga jumlah kopi. Minuman ringan bergula seperti limun atau nektar harus dihindari : Menurut sebuah penelitian di Jepang pada tahun 2013, minuman ringan dapat meningkatkan risiko masalah ginjal.

Cara Mengetahui resiko gagal ginjal Anda?

Manakah dari pertanyaan berikut yang dapat Anda jawab dengan “ya”?

1. Apakah kaki Anda sering bengkak?

2. Apakah Anda memiliki kesan bahwa air seni Anda berbusa di toilet?

3. Apakah Anda menderita diabetes?

4. Apakah penyakit ginjal diketahui di keluarga Anda?

5. Apakah lingkar pinggang Anda lebih dari 88 sentimeter (wanita) atau lebih dari 102 sentimeter (pria)?

6. Apakah Anda merasakan sakit di sayap?

7. Apakah urine Anda berwarna merah?

8. Apakah Anda seorang perokok?

9. Apakah tekanan darah Anda 140/90 mmHg atau lebih tinggi?

resolusi:

Bahkan “ya” berarti bahwa risiko gagal ginjal Anda meningkat. Jika Anda telah menjawab pertanyaan 1, 2, 6 atau 7 di afirmatif, Anda mungkin sudah memiliki masalah ginjal. Dalam hal ini, dapatkan bantuan medis segera.

Sumber : Dari Berbagai Sumber Terpercaya

Related posts

One Thought to “Jadikan Ginjalnya Tetap Sehat Selama Bertahun-Tahun”

  1. […] ginjal┬á dan hati kita tidak akan bisa bertahan hidup. Namun, obat hari ini menawarkan peluang untuk terus […]

Leave a Comment