Mandi dengan Air Bersuhu Sangat Dianjurkan


Jakarta, Setiap orang memang mempunyai kebiasaan masing-masing termasuk dalam urusan mandi. Ada orang yang terbiasa mandi dengan air dingin dan sebaliknya tak bisa jika tidak memakai air hangat untuk mandi. Lantas, sebenarnya suhu air seperti apa yang dianjurkan?
“Sebetulnya air untuk mandi yang disarankan adalah air suhu kamar sampai suam suam kuku yaitu sesuai suhu tubuh. Jangan lebih tinggi dari itu,” kata dr Eddy Karta SpKK ketika berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Minggu (27/7/2014).
Pasalnya, seperti dikatakan dr Eddy, mandi dengan air bersuhu lebih tinggi dibanding suhu kamar atau tubuh bisa menyebabkan kulit tubuh menjadi kering. Selain itu, kulit juga bisa lebih sensitif dan mudah gatal.
Nah, terkait kebiasaan mandi dengan air dingin, dr Eddy mengatakan sampai saat ini belum terbukti mandi dengan air dingin yakni bersuhu kamar sekitar 25 derajat celcius, dapat mengganggu kesehatan.
“Sehingga kapan kita boleh mandi air dingin? jawabannya boleh saja dikerjakan selama tubuhnya bisa menerima. Pada beberapa orang terutama semakin bertambahnya umur, kemampuan tubuh beradaptasi dengan perubahan suhu mendadak akan menurun,” papar dokter yang praktik di EDMO Clinic Jakarta Selatan ini.
Sehingga, pada orang tua jika mandi di pagi hari atau larut malam dan tubuh sedang kedinginan, dr Eddy menyarankan sebaiknya mandi dengan air suhu tubuh. Senada dengan dr Eddy, dr Andry Reza Rahmadi, SpPD, MKes, dari RS Hasan Sadikin Bandung menyarankan orang yang memiliki rematik untuk mandi air hangat.
“Suhu dingin memang diketahui dapat menyebabkan kapsul sendi mengkerut dan memicu rasa nyeri pada orang yang sudah kena rematik. Makanya orang-orang dengan rematik, apapun jenisnya, lebih baik hindari mandi di malam hari. Tapi kalau malam hari memang mau mandi pun, sebaiknya mandi dengan air hangat,” ujar dr Andry.

Related posts

Leave a Comment